Jujube Si Kecil yang Kaya Manfaat - trooperwheel.info Artikel Unik

Rabu, 18 Maret 2020

Jujube Si Kecil yang Kaya Manfaat



Mungkin banyak orang belum tahu apa itu buah jujube .  Terutama masyarakat Indonesia, pasti asing dengan jujube. Tapi bagi masyarakat penggemar hidangan Tiongkok, pasti sudah tak asing lagi dengan buah yang sekilas mirip kurma ini.Buah yang memiliki warna coklat seperti kurma ini memang banyak digunakan sebagai penyedap rasa pada kuliner khas Negeri Tirai Bambu. 
     Sementara dalam terapi kedokteran Tiongkok , jujube kerap dipakai sebagai pengobatan sehat. Karena dikategorikan sebagai salah satu makanan penambah darah, sehingga buah ini sangat digemari kaum wanita, terutama setelah melahirkan, karena bisa memulihkan fisik yang lemah dan menambah darah
     Jujube (Ziziphus Jujuba) adalah tanaman bersemak ukuran kecil asal Asia Selatan yang memiliki buah-buahan dengan ukuran yang sama persis seperti kurma, disebut-sebut juga dengan “kurma merah”. Tumbuhan ini memiliki tinggi 5-12 meter. Buah mudanya berwarna hijau dan akan berubah menjadi kuning atau kemerahan saat sudah matang. Buahnya juga dapat makan dimakan segar, mentah, dimasukan ke dalam teh, bahkan dijadikan jus.     
 Si kecil coklat ini memiliki segudang manfaat seperti :
  1. Meningkatkan kualitas tidur
     Seduhan teh yang ditambah irisan jujube bisa jadi ramuan alami mencegah insomnia. Kemampuan meningkatkan kualitas tidur ini berasal dari kandungan vitamin C jujube yang tinggi antioksidan. Bagi kalian yang mungkin susah tidur, mungkin bisa mencoba resep ini. 
2.Meningkatkan kinerja otak
     Kandungan antioksidan pada jujube segar maupun kering juga dapat meningkatkan kemampuan otak untuk menerima informasi.
  1. Mencegah Kanker
     Kanker ini juga salah satu penyakit yang mematikan. Jujube bisa menjadi solusi untuk kita mencegah kanker, jujube bersifat antikanker yang membantu memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker. Sebab, buah ini punya satu jenis serat bernama lignin yang bisa meningkatkan produksi sel-sel imun untuk untuk membunuh sel-sel jahat penyebab kanker.
  1. Memperlancar pencernaan 
     Dari data nutrisi US Department of Agriculture, setiap 100 gram jujube mengandung sekitar 10 gram serat yang bisa meningkatkan kesehatan usus. Serat ini akan mempercepat pergerakan makanan di usus sehingga risiko sembelit bisa menurun.
5.Mencerahkan kulit
     Ekstrak jujube bisa membantu menjaga kesehatan sekaligus mencerahkan kulit. Antioksidan pada jujube akan membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, sinar matahari, atau polusi. Cocok sekali untuk kalian yang sering beraktifitas di luar ruangan tapi tetap mau kulit terlihat cerah. Bye bye kulit gelap.
6.Mencegah osteoporosis dan anemia
     Jujube kaya akan kalsium dan zat besi, yang berperan penting dalam pencegahan dan pengobatan osteoporosis, anemia pasca persalinan. Jujube memiliki efek terapeutik yang sangat baik untuk orang-orang usia paruh baya dan lansia yang sering mengalami osteoporosis, dan remaja yang sedang dalam masa puncak pertumbuhan atau wanita yang rentan mengalami gejala anemia, khasiatnya jauh lebih ampuh daripada obat-obatan.
7.Memulihkan fisik yang lemah
     Buah ini berkhasiat sebagai suplemen yang sangat baik bagi mereka yang memiliki lemah fisik pasca sakit.
  1. Mengurangi Peradangan
     Menurut sebuah penelitian, penggunaan ekstrak jujube secara topikal dapat membantu meredakan sejumlah nyeri otot dan nyeri sendi, karena buah ini bekerja sebagai agen anti-inflamasi yang kuat.
      Itu tadi beberapa manfaat dari buah jujube. Kecil yang mengandung banyak manfaat. Walaupun rasanya enak dan menyehatkan, akan tetapi ada seseorang yang tak boleh mengonsumsi jujube yaitu penderita diabetes. Hal ini dikarenakan jujube mengandung karbohidrat kompleks yang bisa meningkatkan kadar gula darah.


Dan Jangan Salah ada juga jujube di blibli, tapi bukan buah melainkan brand tas



Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda